Selasa, 20 September 2011

MESIN DAN PERLENGKAPAN

Mesin-mesin yang kami miliki merupakan mesin berteknologi modern yang mampu melakukan operasional secara efektif, efisien, menghasilkan output berkualitas meyakinkan, dengan kuantitas yang besar dan stabil. Adapun mesin dan perlengkapan yang menopang kinerja operasional kami secara prima adalah sebagai berikut :

1.  Mesin Pembersihan Gabah (Paddy Cleaner)

Mesin paddy cleaner ini berfungsi untuk memisahkan gabah dari kotoran dan kadar hampanya.  Saat ini kapasitas yang terpasang adalah 10 ton/jam.









2.  Mesin Pengeringan Gabah

Pengeringan gabah untuk mencapai standar layak giling (yaitu kadar air 13.5 - 14.5 %, atau optimum pada 14%), dilakukan melalui 2 mekanisme, yaitu : (1) penggunaan lantai jemur dan (2) mechanic dryer.
Lantai jemur dimanfaatkan pada saat cuaca cerah atau musim kemarau. Sedangkan mechanic dryer (mesin dryer) sangat berfungsi ketika kondisi cuaca mendung atau musim hujan sehingga penggunaan lantai jemur tidak dapat digunakan.  Lantai jemur yang kami miliki dengan luasan 2600 m2, sedangkan kapasitas mesin dryer yang kami miliki saat ini adalah 20 ton/siklus (dalam 24 jam dapat rata-rata dapat dilakukan dalam 2 siklus, tergantung kadar air gabah).  Kami juga dalam proses penambahan unit mesin dryer dengan kapasitas 60 ton/siklus.

3.  Pabrik Penggilingan Padi (Rice Mill Plant)

Unit penggilingan padi terpasang yang kami miliki saat ini adalah dengan kapasitas 3 ton beras/jam (input 5 ton GKG/jam).  Dalam plant ini telah mengkombinasikan berbagai unit mesin yang dapat menghasilkan beras berkualitas tinggi, yaitu antara lain paddy husker, separator, destoner (pemisah batu dan benda asing), mesin whitening dan Polishing.
Kelebihan dari mesin ini dibandingkan dengan mesin-mesin tradisional atau semi modern adalah bawah output beras yang dihasilkan akan terlihat lebih
putih seragam, mengkilap (jika dikehendaki), pengelompokan keutuhan beras (beras kepala, broken dan menir terpisah), dan seluruh tahapan proses berjalan secara higienis.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More